Back
Photo by Nadapromotama.com

Tipe-X, Band Ska yang Melejit dengan Lagu “Sakit Hati”

August 28, 2017

Grup band Tipe X berdiri pada 10 September 1995. Ketika itu, grup musik ini menggunakan nama Head Master dan beranggotakan empat orang, yakni Tresno (vokal), Micky (bass), Yoss (gitar), dan Hendro (drum). Di awal kemunculannya, mereka masih membawakan lagu grup musik lain, seperti lagu-lagu Red Hot Chilli Peppers.

Selanjutnya, sejumlah perubahan dilakukan grup band ini. Masuknya Irul, seorang gitaris rhytm, cukup mendongkrak performa mereka. Perubahan lainnya, band ini mulai memainkan ska, aliran musik yang masih jarang dimainkan di Indonesia saat itu.

Awalnya, mereka membawakan lagu band ska luar seperti Operation Ivy dan Voodoo Glow Skull. Lambat laun, mereka pun membawakan lagu ciptaan sendiri. Hal tersebut membuat Tipe-X terlihat berbeda dan makin dikenal penggemar musik tanah air.

Pada fase berikutnya, masuklah Andi yang mengisi posisi brass section dan Billy untuk pemain trombon. Masuknya kedua personel ini makin mengentalkan nuansa ska band Tipe-X.

Untuk lebih memperkenalkan gaya bermusiknya, Tipe-X rajin mengirimkan demo musik ke stasiun televisi dan radio. Sejumlah festival musik pun diikutinya. Walhasil, nama Tipe-X makin dikenal dan makin banyak permintaan bagi mereka untuk manggung.

Pada tahun 1999, album perdana mereka muncul dengan singel “Genit” dan “Angan”. Album tersebut memuat 10 lagu, termasuk tiga lagu berbahasa Inggris. Dua tahun kemudian, band Tipe-X menelurkan album kedua dengan judul “Mereka Tak Pernah Mengerti”. Album ini menuai sukses besar hingga mendapat penghargaan Triple Platinum.

Tipe-X pun semakin rajin mengeluarkan album baru. Pada tahun 2003, album “Super Surprise” juga mendapat sambutan positif dari penggemar. Saat itu, terjadi perubahan formasi dengan masuknya Aditya Pratama di posisi drummer menggantikan Hendro.

Pada tahun 2005, Tipe-X mengeluarkan album keempat bertajuk “Discography Hitam Putih”. Disusul dengan album kelima yang dirilis di tahun 2007. Album kelima ini berisi sejumlah lagu yang nge-hits, seperti “Sakit Hati,” “Genit”, “Mawar Hitam” dan beberapa lagu baru. Album tersebut sukses terjual 120.000 kopi.

Album Tipe-X keenam dirilis tahun 2008. Dalam album berjudul “Festival Perasaan” tersebut, pada salah satu lagu, mereka berkolaborasi dengan penyanyi Canada, Chelssie Baker. Album ketujuh Tipe X keluar pada tahun 2012 dengan judul “Seven”.

Tipe X saat ini beranggotakan enam orang, yakni Tresno Riadi (vokal), Billy dan Yoss (gitar), Micky (bass), Anto(trombone), dan Arie Hardjo (drum). Sampai saat ini, grup band ini masih eksis dan sering mengisi acara di berbagai daerah. Pada awal 2017, grup musik ini meluncurkan buku biografi berjudul  1999: Ketika Pecundang Menjadi Pemenang. Dalam buku tersebut dibagikan kisah perjalanan Tipe-X selama 22 tahun mengarungi musik Indonesia.

 

Share this:
Sticky
Aug 28, 2017
Tags in

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

  • ABOUT US

    nada promotama

    Nada Promotama is a Promoter and Event Organizer company established in 2009, your one stop solution for event planning and coordination. It is our job to thoroughly coordinate and schedule the event so that you can concentrate on promotion and working for your show!

  • OUR ADDRESS

    Address

     Istana Pasteur Regency Block CRA 50 Bandung, West Java, Indonesia

    Phone

      +622 8606 5357

      +622 8606 5439

    Email

      info@nadapromotama.com

  • SUBSCRIBE

    Get instant updates about our new products and special promos!