Back
Photo By nadapromotama.com

The S.I.G.I.T: Grup Musik Indie Berjaya di Luar Negeri

October 16, 2017

The S.I.G.I.T merupakan grup musik rok asal Bandung yang memilih berkarya di jalur indie (independen). Meski grup indie, namun kualitas bermusik mereka tidak perlu diragukan. Mereka memanfaatkan situs-situs semacam Myspace, Friendster, Facebook dan lainnya untuk memperkenalkan lagu ciptaannya. Melalui internet pula mereka bertemu dengan pemilik perusahaan rekaman di Australia yang kemudian menawari grup ini untuk membuat album The S.I.G.I.T versi Australia.

Nama The S.I.G.I.T merupakan singkatan dari The Super Insurgent Group of Intemperance Talent. Sedangkan para penggemar mereka menamakan dirinya sebagai The Insurgent Army. Grup ini terdiri atas empat orang personel, yaitu Rektivianto Yoewono (vokal dan gitar), Farri Icksan Wibisana (gitar), Aditya Bagja Mulyana (vokal dan bas), dan Donar Armando Ekana (drum).

Pada tahun 2002, nama The S.I.G.I.T mulai digunakan Rekti, Farri, Adit, dan Acil untuk grup mereka. Tahun 2004, mereka membuat album dengan judul EP yang berisikan 6 lagu. Pada tahun 2006, grup ini memutuskan bergabung dengan perusahaan rekaman FFWD dan merilis album bertajuk Visible Idea of Perfection. Perusahaan rekaman FFWD juga menaungi grup musik indie Mocca. Berkat kegeniusan mereka bermusik, sebuah perusahaan rekaman asal Australia bernama Caveman juga tertarik untuk merilis album The S.I.G.I.T di Australia. Guna mendukung penjualannya, grup ini menggelar konser di sembilan kota di Australia.

Selanjutnya, nama The S.I.G.I.T kian terkenal di kancah musik internasional. Tahun 2009, mereka tampil di festival South by Southwest (SXSW), Texas Amerika Serikat. Pada tahun yang sama, grup ini juga menggelar pertunjukan di Los Angeles dan San Fransisco.

Di Indonesia, The S.I.G.I.T mulai dikenal publik setelah mengisi soundtrack untuk film Catatan Akhir Sekolah (2005). Tahun 2007, The S.I.G.I.T menjadi band pembuka untuk grup musik rok asal Australia, Dallas Crane. Tidak hanya genius dalam musik, personel The S.I.G.I.T juga lulusan dari universitas-universitas ternama di Bandung. Rekti menempuh S2 Teknik Lingkungan ITB, Adit sarjana IT dari Universitas Maranatha Bandung, Acil sarjana Arsitektur Universitas Parahyangan, dan Farri menempuh S2 Arsitektur ITB.

Demikianlah biografi tentang grup musik The S.I.G.I.T yang bisa go international meski tidak berada dalam major label. Untuk Anda yang menyukai musik cadas, Anda wajib mendengarkan lagunya.

Share this:
Sticky
Oct 16, 2017
Tags in

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

  • ABOUT US

    nada promotama

    Nada Promotama is a Promoter and Event Organizer company established in 2009, your one stop solution for event planning and coordination. It is our job to thoroughly coordinate and schedule the event so that you can concentrate on promotion and working for your show!

  • OUR ADDRESS

    Address

     Istana Pasteur Regency Block CRA 50 Bandung, West Java, Indonesia

    Phone

      +622 8606 5357

      +622 8606 5439

    Email

      info@nadapromotama.com

  • SUBSCRIBE

    Get instant updates about our new products and special promos!