Back

Tentang Cyprus, Negara yang Tidak Memiliki Lagu Kebangsaan

October 18, 2017

Sebuah negara biasanya memiliki ciri khas seperti bendera dan lagu kebangsaan, tetapi Cyprus berbeda. Negara kecil bekas koloni Inggris tersebut hingga kini tidak memiliki lagu kebangsaan khusus. Hal ini kerap menjadi bahan perdebatan antara perwakilan populasi Yunani dan Turki, dua kelompok etnis yang mendominasi komposisi penduduk Cyprus.

Saat ini, ketika Cyprus menyambut tamu negara, musik yang digunakan adalah Ymnos eis tin Eleftherian (Himne Kemerdekaan), lagu kebangsaan Yunani.

Penyebab Cyprus Mendompleng Lagu Kebangsaan

Fakta bahwa Cyprus “mendompleng” lagu kebangsaan Yunani ternyata bukan hal baru, dan sudah ada sejak era kemerdekaan. Ketika akhirnya bebas dari status sebagai koloni Inggris pada tahun 1960, Cyprus tidak diizinkan untuk bergabung dengan negara Yunani atau Turki, yang etnisnya mendominasi populasi negara tersebut. Hal ini merupakan syarat dari pemerintah Amerika Serikat maupun Kerajaan Inggris.

Setelah merdeka, Cyprus segera memasukkan berbagai simbol nasional ke dalam konstitusi baru mereka. Akan tetapi, tidak ada persetujuan soal lagu kebangsaan apa yang akan digunakan, karena adanya perselisihan antara perwakikan etnis Yunani dan Turki di dalam pemerintahan. Karena etnis Yunani saat itu mendominasi jumlah anggota dewan di dalam republik baru, lagu kebangsaan Yunani pun digunakan dalam acara resmi.

Penggunaan lagu kebangsaan Yunani pun tidak berubah sampai sekarang. Lagu tersebut selalu dimainkan dalam kegiatan seperti penyambutan tamu negara, pertandingan olah raga, upacara, atau ajang resmi lainnya.

Lagu Kebangsaan Turki di Cyprus

Ternyata tidak semua anggota etnis Turki yang ada di Cyprus menerima keputusan untuk menggunakan lagu kebangsaan Yunani. Republik Turki Cyprus Utara  menggunakan İstiklâl Marşı (Mars Kemerdekaan), yang merupakan lagu kebangsaan Turki. Republik ini merupakan semacam negara pecahan yang keberadaannya tidak diakui negara mana pun di dunia, kecuali Turki.

Cyprus sebenarnya hampir memiliki lagu kebangsaan sendiri. Pada tahun 2004, sekretaris jenderal PBB, Kofi Annan, mengusulkan proposal untuk menyatukan kedua kelompok etnis dominan di Cyprus. Salah satu butir proposal tersebut adalah pembuatan komposisi musik tanpa lirik yang bisa menjadi lagu kebangsaan bersama. Sayangnya, rencana tersebut tidak terwujud, dan Cyprus masih menggunakan lagu berbahasa Yunani hingga kini.

 

Share this:
Sticky
Oct 18, 2017
Tags in

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

  • ABOUT US

    nada promotama

    Nada Promotama is a Promoter and Event Organizer company established in 2009, your one stop solution for event planning and coordination. It is our job to thoroughly coordinate and schedule the event so that you can concentrate on promotion and working for your show!

  • OUR ADDRESS

    Address

     Istana Pasteur Regency Block CRA 50 Bandung, West Java, Indonesia

    Phone

      +622 8606 5357

      +622 8606 5439

    Email

      info@nadapromotama.com

  • SUBSCRIBE

    Get instant updates about our new products and special promos!