Back
Photo By: nadapromotama.com

Sukseskan Event Anda dengan Standar Keamanan dari Ahlinya

January 12, 2018

Keamanan suatu acara terutama acara skala sedang dan besar adalah hal yang paling penting. Terlebih lagi, acara menargetkan jumlah pengunjung yang banyak. Banyaknya pengunjung meningkatkan juga risiko keamanan acara tersebut.

Sering terjadi, kapasitas area tidak cukup untuk menampung jumlah pengunjung. Akibatnya, pintu menuju area bisa jadi jebol oleh ledakan pengunjung. Atau banyak penonton acara berdesak untuk bisa ada di depan panggung. Kenyataannya, hal-hal tersebut adalah kejadian yang bisa terjadi di luar dugaan.

Acara seperti konser, festival musik, acara perusahaan, pertandingan olah raga, hingga perayaan budaya membutuhkan sistem keamanan yang akan menjaga acara dari hal-hal yang tidak diinginkan. Untuk itu, panitia acara atau event organizer harus mempersiapkan elemen keamanan acara yang sesuai dengan kebutuhan. Pada dasarnya, ada tiga elemen keamanan acara yang perlu Anda persiapkan, yaitu:

  • Panitia Seksi Keamanan

Setiap acara membutuhkan panitia seksi keamanan dengan personil yang cukup. Seksi keamanan akan mengatur dan memantau keamanan selama acara berlangsung.

Sering kali, seksi keamanan akan bekerja sama dengan pihak kepolisian untuk menjaga agar acara tetap kondusif dan berjalan dengan lancar. Semakin besar acara, semakin banyak pula personil yang Anda butuhkan.

  • Bantuan Keamanan dari Pihak yang Berwajib

Sebelum event terlaksana, tentu panitia harus mengantongi surat izin keramaian terlebih dahulu. Setelah surat izin keramaian terbit, panitia bisa bekerja sama dengan pihak berwajib setempat untuk mengamankan acara.

Untuk acara skala kecil, Anda harus meminta izin keramaian dari kantor kepolisian sektor setempat. Untuk acara skala sedang, harus mendapat izin dari kepolisian resort wilayah. Sementara itu, untuk acara sekelas konser internasional atau acara yang sangat besar, harus meminta izin dari kantor Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia.

Biasanya, pihak kepolisian juga akan menentukan berapa personil yang akan membantu  menjaga acara. Jumlahnya ditentukan oleh seberapa besar acara. Jika acara berskala besar dan membutuhkan banyak personil, jangan lupa masukkan bujet konsumsi personil pada pengeluaran acara.

  • Perlengkapan Keamanan yang Memadai

Titik-titik keamanan biasanya ditempatkan di area yang rawan seperti pintu masuk, pintu keluar, dan sekitar panggung pertunjukkan atau tempat acara utama berlangsung. Untuk memperkuat pertahanan keamanan, gunakan perlengkapan seperti pagar aluminum seperi yang disediakan oleh Mojo Barriers Indonesia.

Untuk event berskala besar, ada baiknya Anda menyerahkan pengelolaannya ke event organizer tepercaya seperti Nada Promotama. Dengan  mempercayakan pengaturan acara pada event organizer, Anda bisa berfokus pada hal lain seperti promosi, sponsor, dan elemen acara lainnya. Terlebih lagi, Nada Promotama sekarang adalah distributor resmi Mojo Barriers di Indonesia.

Mojo Barriers Indonesia, Penyedia Sistem Pembatas Berstandar Internasional

Mojo Barriers adalah perusahaan penyuplai sistem penahan panggung yang berasal dari Belanda. Kini, Mojo Barriers bersama Nada Promotama menghadirkan sistem keamanan acara yang profesional di Indonesia. Selama lebih dari 20 tahun, Mojo Barriers sudah menjamin penjagaan keamanan di acara-acara besar di seluruh dunia.

Semua sistem pembatas panggung yang disediakan oleh Mojo Barriers terbuat dari aluminum dengan berbagai jenis yang sesuai dengan kebutuhan. Aluminum dipilih karena instalasi yang mudah serta tahan terhadap berbagai cuaca.

Melalui berbagai riset, Mojo Barriers menghadirkan berbagai macam sistem keamanan dari mulai penjagaan depan panggung hingga sistem gerbang masuk dan keluar. Khusus untuk sistem depan panggung, Mojo Barriers menggunakan struktur berbentuk segitiga.

Struktur Mojo Barriers memiliki tempat berpijak di bagian arah panggung sebagai tempat staf keamanan dan polisi mengatur penonton. Fitur ini disebut sebagai police step yang memosisikan personil keamanan lebih tinggi daripada penonton, sehingga seluruh keadaan di desakan penonton bisa terpantau.

Sementara itu, di arah penonton, terdapat plat aluminum yang diposisikan di bawah kaki penonton. Dengan begitu, sistem penjagaan akan lebih kuat karena tertahan oleh beban dari banyaknya pengunjung. Sistem ini terbukti ampuh terutama pada acara berskala besar.

Menciptakan Alur Pengunjung yang Teratur dengan Crowd Control

Sebuah acara sukses bukan hanya karena tiket yang habis terjual, tetapi bisa dilihat juga dari keamanan yang terjaga. Salah satu strategi keamanan yang ditawarkan oleh Mojo Barriers adalah Crowd Control. Sistem ini dibuat untuk mengatur alur datangnya pengunjung.

Biasanya, perlengkapan ini diletakkan di area masuk dan keluar sebuah acara. Crowd Control memungkinkan pengunjung untuk masuk satu per satu dalam antrean. Jadi, pengunjung tidak akan saling berdesak. Untuk jumlah pengunjung yang banyak, sebaiknya gunakan beberapa jalur Crowd Control.

Crowd Control di area keluar juga membatasi agar pengunjung tidak berjejal untuk keluar venue. Semakin sedikit kesempatan pengunjung untuk berdesak atau saling mendorong, semakin kecil kemungkinan terjadi kecelakaan dalam kerumunan orang.

Nada Promotama, Official Distributor Mojo Barriers di Indonesia

Sejak tahun 2016, Nada Promotama menjadi official distributor dari Mojo Barriers untuk menyediakan sistem keamanan pada panggung-panggung skala sedang dan besar di Indonesia. Nada Promotama sendiri adalah promotor Indonesia yang sudah sukses melaksanakan hampir 120 acara rutin setiap tahunnya sejak tahun 2009.

Dengan adanya kerja sama Mojo Barriers dan Nada Promotama, keselamatan penonton dan kelancaran acara akan terjamin melalui sistem keamanan yang direncanakan secara profesional. Saat ini, official distributor Mojo Barriers di Indonesia sudah memiliki barikade Mojo Barrier sepanjang 348 meter, 23 Vario Corner, 21 Flexi Corner, dan 4 Cable Gates.

Jumlah tersebut sementara ini sudah dianggap mencukupi untuk memenuhi kebutuhan keamanan event di Indonesia. Walaupun begitu, Mojo Barriers tetap terbuka pada kemungkinan acara yang lebih besar.

Dengan bentuk dan fungsi yang berbeda, semua fitur dari sistem Mojo Barriers memiliki kelebihannya masing-masing seperti berikut:

  • Mojo Barrier

Merupakan barikade standar dari Mojo Barriers yang berbentuk segitiga dan biasa digunakan sebagai pembatas antara penonton dan panggung atau area acara. Mojo Barrier terkenal dengan sistem plat di bagian kaki yang disebut dengan footplate yang berfungsi sebagai penahan.

  • Vario Corner

Berfungsi sebagai sambungan sudut antar barikade Mojo Barrier. Footplate dari Vario Corner berbentuk segitiga sehingga mudah diposisikan dalam berbagai sudut. Vario Corner bisa membentuk sudut minus 60 hingga 60 derajat. Barikade ini juga cocok digunakan di pembatas lapis kedua.

  • Flexi Corner

Mirip dengan Vario Corner namun tanpa footplate. Ini membuatnya lebih fleksibel lagi untuk membentu sudut minus 90 hingga 90 derajat. Karena fleksibilitasnya, Flexi Corner cocok digunakan di berbagai posisi termasuk sebagai platform kamera.

  • Cable Gates

Dikenal juga dengan nama Snake Gate. Pada dasarnya, Cable Gates adalah barikade dengan lubang di bawahnya sebagai tempat lewatnya jalur kabel. Cable Gates biasanya bisa dikombinasikan dengan sistem lainnya sesuai dengan kebutuhan acara.

Penentuan penggunaan masing-masing jenis pembatas tergantung pada kebutuhan acara. Penentuan jenis dan lokasi pembatas bisa diatur setelah alur pengunjung, letak panggung, backstage, serta gerbang ditempatkan.

Sistem Struktur dan Personil Keamanan Menentukan Pengaturan Massa yang Baik

Pengaturan massa yang baik membutuhkan penjagaan yang kuat dari segi personil dan sistem struktur keamanan. Dari segi personil, semua staf keamanan yang menjaga acara harus memiliki fisik yang kuat serta refleks yang gesit. Banyak hal yang mungkin terjadi selama acara berlangsung dan staf keamanan harus mengambil keputusan yang cepat dalam menanggapi setiap masalah yang ada.

Dari segi struktur, sebaiknya gunakan material yang kuat terhadap berbagai cuaca dan mudah untuk dipasang. Untuk hal ini, aluminum merupakan pilihan yang tepat. Aluminum terkenal sebagai material yang ringan namun kuat. Dengan struktur yang sesuai, aluminum bisa menjadi penahan yang baik. Hal ini yang terdapat pada sistem penjagaan barikade dari Mojo Barriers Indonesia.

Selain barikade, Mojo Barriers juga menyediakan penghalang untuk pembatas antara penonton dengan area panitia dan pengisi acara. Pada acara dengan jumlah penonton yang fantastis, tidak jarang ada penonton yang ingin menerobos masuk dan mencari celah untuk bertemu dengan para pengisi acara.

Untuk keperluan tersebut, Anda bisa memanfaatkan barikade Mojo Barriers dengan penghalang pandangan yang menjulang setinggi 1,2 meter. Orang-orang cenderung tidak mau menerobos ke tempat yang terhalang atau di luar jangkauan pandangannya. Ini sangat cocok untuk menutupi area acara seperti samping dan belakang panggung.

Salah satu kelebihan dari pembatas Mojo Barriers adalah pemasangannya yang mudah. Ini menjadi suatu nilai plus bagi penyelenggara acara karena pemasangan akan menghemat waktu dan biaya.

Selalu Gunakan Sistem dari Mojo Barriers Supplier Resmi

Sebagai pionir di bidangnya, Mojo Barriers terbukti sudah melayani berbagai festival music internasional dan artis papan atas di dunia seperti Rolling Stones, Madonna, ACDC, Red Hot Chilli Pepper, dan konser musik internasional lainnya. Dengan pengalaman lebih dari 20 tahun, Mojo Barriers supplier terus berinovasi melalui sistem-sistem gerbang dan barikadenya. Ini juga yang membuat banyak perusahaan lain yang membuat sistem serupa.

Bahkan, hampir semua barikade panggung disebut dengan “Mojo Barrier” walaupun ternyata bukan dibuat langsung oleh perusahaan Mojo Barriers. Sistem gerbang dan pembatas dari Mojo Barriers sangat terkenal sehingga namanya identik dengan pembatas atau barikade acara.

Mojo Barriers asli sudah melalui uji coba kualitas yang sesuai standar internasional. Oleh karena itu, pastikan Anda menggunakan Mojo Barrier asli dari Mojo Barriers supplier tepercaya di Indonesia, Nada Promotama. Sebagai ahlinya, Mojo Barriers akan secara detail membantu Anda untuk membuat konfigurasi penempatan barikade yang sesuai fungsi dan strategis.

Ini tentunya akan membuat strategi keamanan acara Anda lebih terencana dan teratur. Tidak akan ada cerita pengunjung yang cedera karena berdesakan di pintu masuk, atau penonton yang terinjak ketika berdesakan di depan panggung.

Kunci Kesuksesan Safety at Event: Kerja Sama yang Baik!

Dibutuhkan kerja sama yang baik dari berbagai pihak untuk kelancaran sebuah acara terutama dari segi keamanannya. Safety at event bisa dicapai dengan adanya perencanaan yang matang. Sebelum acara terlaksana, pihak panitia bisa berkonsultasi dengan Nada Promotama atau Mojo Barriers Indonesia mengenai penempatan barikade yang sesuai.

Selain itu, harus dibuat semacam layout yang akan menentukan sistem barikade apa yang akan ditempatkan di lokasi tertentu. Jenis barikade, ukuran, hingga jalur kabel harus direncanakan secara saksama. Ini juga mencakup sistem gerbang dan pembatas untuk menciptakan tingkat safety at event yang tinggi.

Setelah layout dan sistem penjagaan dibuat, pada pelaksanaannya harus ada kerja sama yang baik antara semua panitia dan pihak kepolisian. Beberapa staf panitia yang perlu berkomunikasi dengan intens adalah seksi acara, ticketing, dan keamanan. Titik-titik penjagaan juga harus ditentukan dengan mempertimbangkan kemungkinan titik keramaian dan titik rawan acara.

Keamanan Sebuah Acara adalah Kesuksesan Tersendiri

Sebagai panitia, tentu kesuksesan acara ditentukan oleh ramai atau tidaknya pengunjung. Namun, jumlah pengunjung yang banyak juga harus diiringi dengan sistem keamanan yang sesuai. Selain untuk kelangsungan acara, keamanan yang baik juga akan menjamin keselamatan pengunjung yang datang untuk menonton acara.

Mojo Barriers sudah memiliki standarisasi sistem tersendiri yang digunakan pada keramaian massa yang berbeda. Untuk itu, konsultasi penting untuk dilakukan sebelum acara berlangsung. Melalui konsultasi dan perencanaan yang matang, Mojo Barriers bersedia untuk mewujudkan tingkat keamanan yang dibutuhkan oleh acara sesuai dengan potensi massanya.

5 Tips Mengatasi Masalah Keamanan Selama Event

Strategi dan sistem keamanan yang mumpuni tentu akan meminimalisasi terjadinya masalah selama acara berlangsung. Namun begitu, tetap ada kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak terduga seperti meledaknya jumlah pengunjung, penonton yang tak kunjung bubar, sampai venue yang ternyata tidak cukup menampung jumlah pengunjung.

Untuk itu, berikut adalah 5 tips dalam mengatasi masalah selama acara berlangsung.

  1. Buat Daftar Masalah yang Mungkin Terjadi

Sebelum acara, sebaiknya Anda dan tim membuat daftar masalah yang mungkin terjadi di setiap bagian acara termasuk keamanan. Buat strategi preventif dan kiomunikasikan strategi tersebut terhadap semua panitia.

  1. Tetap Tenang

Apa pun yang terjadi, Anda harus tetap tenang agar dapat berpikir jernih. Cari solusi yang sistematis dan komunikasikan dengan tim.

  1. Komunikasi yang Jelas dan Lancar

Ketika panik di dalam keramaian, sering kali komunikasi jadi terganggu. Atur kata-kata sehingga tetap bisa dipahami agar maksud tersampaikan dengan jelas. Hindari berteriak terutama jika Anda berkomunikasi melalui radio panggil atau walkie-talkie.

  1. Datangi Sumber Masalah

Entah itu gerbang masuk yang mampat oleh pengunjung, atau kerusuhan di sisi panggung, sebaiknya datangi langsung sumber masalah dan lihat apa yang bisa Anda lakukan. Sebisa mungkin, himbau penonton untuk tetap teratur atau tarik pihak yang bermasalah jika terjadi kerusuhan.

  1. Minta Bantuan Pihak Kepolisian

Jika masalah cukup serius, Anda bisa meminta bantuan personil polisi yang berjaga di acara. Ini mengapa sebaiknya personil polisi berjaga di lokasi-lokasi rawan seperti gerbang masuk, gerbang keluar, dan dekat panggung.

Terakhir, jangan lupa untuk mengadakan evaluasi setelah acara terlaksana. Evaluasi sebaiknya dilakukan oleh panitia dari semua bagian. Catat semua masalah yang terjadi selama acara dan apa yang dilakukan pada saat itu.

Pada saat evaluasi, bisa dibahas lagi mengenai cara terbaik untuk menghindari atau mengatasi masalah tersebut. Hasil evaluasi bisa digunakan sebagai acuan event berikutnya. Tentu saja, hal ini penting untuk dipertimbangkan terutama jika Anda berencana untuk melakukan event rutin.

Event organizer seperti Nada Promotama bisa membantu Anda untuk mengatur acara dari mulai tahap perencanaan hingga selesai. Dengan keahlian selama lebih dari 8 tahun, Nada Promotama sudah terlatih untuk membuat event yang sukses dari segi acara dan keamanan.

Secara keseluruhan, konsep yang menarik, tim yang solid, dan strategi keamanan yang baik akan menjadi penentu kesuksesan acara yang Anda buat.

Share this:
Sticky
Jan 12, 2018
Tags in

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

  • ABOUT US

    nada promotama

    Nada Promotama is a Promoter and Event Organizer company established in 2009, your one stop solution for event planning and coordination. It is our job to thoroughly coordinate and schedule the event so that you can concentrate on promotion and working for your show!

  • OUR ADDRESS

    Address

     Istana Pasteur Regency Block CRA 50 Bandung, West Java, Indonesia

    Phone

      +622 8606 5357

      +622 8606 5439

    Email

      info@nadapromotama.com

  • SUBSCRIBE

    Get instant updates about our new products and special promos!