Back
Photo By: jb.fm

Sejarah MR. SLOWHAND Eric Clapton

October 27, 2017

Eric “Mr. Slowhand” Clapton merupakan salah satu gitaris yang paling berpengaruh terhadap perkembangan dunia gitar rock selain Jimi Hendrix. Ia lahir di Ripley, Surrey, Inggris pada tanggal 30 Maret 1945. Ibunya yang bernama Patricia Molly Clapton masih sangat belia ketika melahirkannya, yakni berumur 16 tahun. Sementara, ayahnya yang bernama Edward Walter Fryer saat itu berusia 24 tahun, dan merupakan seorang tentara dari Kanada.

Ketika berusia 13 tahun, Eric Clapton kecil mulai tertarik bermain gitar setelah menonton Jerry Lee Lewis di televisi. Sejak saat itu, ia menghabisnya lebih banyak waktunya untuk bermain gitar, dan membuat sekolah desain yang saat itu ditekuninya terbengkalai.

Di usia 17 tahun, ia tergabung dalam band pertamanya, Roosters. Ia kemudian juga bergabung dengan grup band Yardbirds, di mana terdapat pula gitaris-gitaris handal lainnya seperti Jimmy Page dan Jeff Beck. NicknameMr. Slowhand” sendiri didapatkannya karena kebiasaannya yang sering mengganti senar gitarnya yang putus saat dirinya manggung.

Eric Clapton merupakan gitaris, penyanyi, pencipta lagu, sekaligus komponis asal Inggris yang pernah memenangi penghargaan Grammy Awards. Sebagai salah satu musisi yang paling sukses di akhir abad ke 20 hingga awal abad ke 21, namanya bahkan telah diabadikan di museum Rock and Roll Hall of Fame sebanyak 3 kali, yakni saat dia menjadi personil The Yardbirds, Cream, dan juga saat berkarir solo.

Penggemar dan kritikus musik menyanjungnya sebagai salah satu gitaris legendaris dunia, menempati urutan ke-4 dalam daftar gitaris terbesar sepanjang masa di majalah Rolling Stone. Selain itu, namanya juga masuk dalam daftar 100 artis terbesar sepanjang zaman.

Sepanjang karirnya, Eric Clapton dikenal memiliki gaya bermusik yang bervariasi, tetapi semuanya berakar dari genre musik blues. Namanya juga dicatat dalam sejarah musik sebagai pencetus aliran blues rock (bersama John Mayall & The Bluesbreakers dan The Yardbirds) serta psychedelic rock (ketika bersama grup band Cream).

Lagu-lagu Eric Clapton juga sukses dalam tangga lagu di berbagai aliran, mulai dari Me and Mr Johnson yang sukses di kategori delta blues, Change the World di kategori musik pop, serta covernya untuk lagu I Shot the Sheriff dari Bob Marley di kategori reggae. Selain lagu-lagu tersebut, beberapa lagu yang juga menjadi hitsnya antara lain Lyla, My Father Eyes, Bad Love, Running On Faith, Tears in Heaven, Wonderful Tonight, serta Motherless Child.

 

 

 

 

 

 

Share this:
Sticky
Oct 27, 2017
Tags in

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

  • ABOUT US

    nada promotama

    Nada Promotama is a Promoter and Event Organizer company established in 2009, your one stop solution for event planning and coordination. It is our job to thoroughly coordinate and schedule the event so that you can concentrate on promotion and working for your show!

  • OUR ADDRESS

    Address

     Istana Pasteur Regency Block CRA 50 Bandung, West Java, Indonesia

    Phone

      +622 8606 5357

      +622 8606 5439

    Email

      info@nadapromotama.com

  • SUBSCRIBE

    Get instant updates about our new products and special promos!