Back
Photo by: nadapromotama.com

Ras Muhamad: Penyanyi Reggae Senior Asal Indonesia

December 18, 2017

Muhamad Egar atau yang akrab disapa Ras Muhamad adalah duta reggae asal Indonesia. Pria kelahiran Jakarta, 29 Oktober 1982 ini, pada tahun 1993 sampai 2005 hijrah bersama keluarganya ke New York City.

Selama di USA, Ras tinggal bersama ibunya dan mengenyam pendidikan di Russell Sage Junior High School (lulus tahun 1996) dan melanjutkan ke Forest Hills High School (lulus tahun 1999). Pada tahun 2001, Ras memperdalam serta mengasah bakat seninya dengan mengambil studi di Borough of Manhattan Community College (setara dengan D3), jurusan Liberal Arts, dan lulus pada tahun 2005.

Ras mengaku mulai mengenal reggae sejak tinggal di Amerika.  Perjalanannya sebagai solis reggae bermula saat menjelang remaja. Saat itu ia bertempat tinggal di Quees. Ras Muhamad diketahui pernah tergabung dalam sebuah band beraliran rock saat masih di SLA, lalu membentuk hip hop duo “Ronin” pada tahun pertama tinggal di Kolese.

Eksistensi Ras Muhamad dalam ranah musik dimulai dengan merilis album pertamanya, “Declaration of Truths” pada tahun 2005 dan dipasarkan di New York. Kemudian pada tahun 2007, tepatnya pada bulan Januari, dia kembali meluncurkan album “Reggae Ambassador” (dirilis di Indonesia). Lewat album itulah, nama Ras Muhamad semakin dikenal secara luas. Tak berhenti sampai di situ, dia kembali berkarya dan mengeluarkan album ketiga dengan tajuk “Next Chapter” pada tahun 2009 silam. Lalu, diikuti dengan “Salam” sebagai album keempat yang resmi dirilis pada tahun 2015.

Tak hanya berkarya lewat lagu, Ras Muhamad juga berkecimpung di dunia kepenulisan. Kecintaannya pada musik reggae ternyata membuatnya tak hanya ingin berkarya lewat musik saja, tapi juga melalui tulisan. Pada tahun 2013, Ras berhasil meluncurkan buku dengan judul “Negeri Pelangi” pada tahun 2013. Buku ini berisi kajian sejarah, visi, serta filosofi reggae.

Di dalam buku tersebut, Ras berusaha untuk menghadirkan benang merah antara Indonesia, Jamaika, dan Ethiopia. dan berisi kumpulan catatan perjalanan yang dia lakukan saat ke Ethiopia pada Mei 2012. Peluncuran buku tersebut ternyata mendapatkan dukungan penuh dari Ramli Saud selaku Duta Besar Republik Indonesia di Ethiopia, dan diterbitkan oleh Galang Press. Buku “Negeri Pelangi” berhasil masuk ke dalam daftar salah satu best seller di Indonesia yang laris di dalam maupun luar negeri.

Share this:
Sticky
Dec 18, 2017
Tags in

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

  • ABOUT US

    nada promotama

    Nada Promotama is a Promoter and Event Organizer company established in 2009, your one stop solution for event planning and coordination. It is our job to thoroughly coordinate and schedule the event so that you can concentrate on promotion and working for your show!

  • OUR ADDRESS

    Address

     Istana Pasteur Regency Block CRA 50 Bandung, West Java, Indonesia

    Phone

      +622 8606 5357

      +622 8606 5439

    Email

      info@nadapromotama.com

  • SUBSCRIBE

    Get instant updates about our new products and special promos!