Back
Photo By: permatreat.com

Musik Metal Buat Rayap Memakan Kayu Lebih Cepat

October 25, 2017

Bicara soal penggemar musik heavy metal, kamu mungkin membayangkan sekumpulan penggemar berambut panjang, bertindik, atau mengenakan kaus dengan logo grup metal ternama. Tetapi, ternyata bukan hanya manusia yang bersemangat saat mendengar musik metal. Rayap ternyata merespon positif musik metal, dan mereka mengunyah kayu lebih cepat saat musik semacam ini diputar.

Sinyal Getaran dan Kecepatan Makan Rayap

Info musik terkait rayap ternyata tidak mengada-ada. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh kelompok ilmuwan di Commonwealth Scientific and Industrial Research Organization, Australia, menunjukkan bahwa sinyal getaran pada frekuensi tertentu memiliki fungsi penting dalam kehidupan rayap. Beberapa jenis rayap, seperti spesies rayap drywood bahkan menggunakan sinyal getaran untuk bertahan hidup.

Dalam penelitian yang dilakukan pada tahun 2007 tersebut, rayap menunjukkan reaksi positif terhadap potongan kayu yang sedang digerogoti oleh rayap lainnya. Semakin banyak rayap yang memakan potongan kayi, semakin besar pula sinyal getaran yang dikeluarkan. Hal ini tentu saja membawa reaksi positif bagi rayap, karena semakin banyak kayunya dimakan, semakin ideal pula kayu tersebut sebagai sumber makanan.

Percobaan tersebut menggunakan potongan kayu serta frekuensi getaran buatan yang mencapai 2.5 kHZ, dan dipancarkan dari dalam rongga kayu. Hasilnya, semakin besar frekuensi getaran yang dikeluarkan, semakin tertarik pula rayap pada kayu yang disediakan.

Musik Metal dan Selera Makan Rayap

Lalu, apa hubungannya antara percobaan tersebut dan musik metal? Kamu mungkin sudah tahu bahwa paduan instrumen serta irama musik metal memiliki frekuensi yang keras. Menurut situs teknik audio, Hal-Bar.com, alunan musik metal biasanya mengeluarkan frekuensi antara 600 HZ hingga 3 kHZ. Angka ini berada di tingkat yang sama dengan frekuensi penarik rayap dalam percobaan di atas.

Berbagai situs informasi biasanya menyebut bahwa rayap memakan kayu dua kali lebih cepat ketika musik metal diputar. Angka tersebut kemungkinan dicantumkan begitu saja karena terdengar bagus. Akan tetapi, tidak bisa dipungkiri bahwa rayap menunjukkan respon positif terhadap sinyal getaran. Rayap jelas menunjukkan respon lebih positif pada Guns ‘n Roses ketimbang Raisa, misalnya.

Jika kamu penggemar musik metal, fakta ini jelas sesuatu yang akan membuatmu lebih bangga lagi dengan musik kegemaranmu.

 

 

 

 

 

Share this:
Sticky
Oct 25, 2017
Tags in

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

  • ABOUT US

    nada promotama

    Nada Promotama is a Promoter and Event Organizer company established in 2009, your one stop solution for event planning and coordination. It is our job to thoroughly coordinate and schedule the event so that you can concentrate on promotion and working for your show!

  • OUR ADDRESS

    Address

     Istana Pasteur Regency Block CRA 50 Bandung, West Java, Indonesia

    Phone

      +622 8606 5357

      +622 8606 5439

    Email

      info@nadapromotama.com

  • SUBSCRIBE

    Get instant updates about our new products and special promos!