Back
Photo By: allwallpapers.info

Musik dapat Meningkatkan Mood, Benarkah?

September 13, 2017

Pernahkah kamu merasa lebih bersemangat, atau suasana hati menjadi lebih baik setelah mendengarkan musik? Jika ya, berarti kamu telah membuktikan sendiri kebenaran fakta bahwa musik dapat meningkatkan mood seseorang.

Tapi, bagaimana bisa?

Sejatinya, reaksi setiap orang terhadap sebuah musik pastilah berbeda. Ada yang setelah mendengarkan musik, dia merasa lebih santai, lebih bahagia, dan bisa tertawa. Atau sebaliknya, menjadi sedih dan menangis.

Hal tersebut tentu wajar, mengingat musik juga sering kali dijadikan sebagai sarana untuk mengekspresikan hal-hal yang tidak dapat diungkapkan melalui kata-kata, baik saat sedih maupun bahagia. Dengan kata lain, musik juga bisa berperan sebagai stimulus bagi emosi seseorang.

Jadi, tidak heran jika banyak orang yang menjadikan musik sebagai sarana untuk mencairkan suasana hati yang buruk. Itulah hasil yang diungkapkan oleh sebuah penelitian yang telah diterbitkan pada Nature Neuroscience di tahun 2011.

Penelitian lain dari McGill University di Montreal, Amerika Serikat, menyebutkan bahwa musik dapat berpengaruh terhadap mood atau suasana hati seseorang karena dapat memicu tubuh untuk menghasilkan dopamin. Semakin banyak hormon dopamin yang dihasilkan, maka semakin senang dan ceria pula orang tersebut.

Riset yang dilakukan oleh Ferguson dan telah dipublikasikan di The Journal of Positive Psychology, kurang lebih berbicara hal yang sama. Dalam studinya, musik dapat meningkatkan mood seseorang dengan baik jika orang tersebut mendengarkan musik dengan tempo yang cepat. Sebaliknya, jika yang didengarkan adalah musik yang mellow, maka musik seperti itu tidak akan terlalu berhasil untuk memperbaiki suasana hati.

Tempo musik yang cepat akan membantu korteks untuk menghasilkan gelombang beta cepat, sehingga merangsang aktivitas-aktivitas di dalam otak. Hal inilah yang kemudian bisa menyebabkan suasana hati seseorang bisa cepat membaik dan kembali berkonsentrasi.

Kesimpulannya, meski pada dasarnya semua jenis musik berpengaruh terhadap suasana hati, tetapi ada beberapa jenis musik khusus yang bisa memperbaiki suasana hati menjadi jauh lebih baik.

Nah, karena musik dapat meningkatkan mood serta bisa menjadi penyemangat terlebih jika sedang stres, kamu tidak perlu ragu lagi untuk memutar lagu-lagu favorit, ya.

 

Share this:
Sticky
Sep 13, 2017
Tags in

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

  • ABOUT US

    nada promotama

    Nada Promotama is a Promoter and Event Organizer company established in 2009, your one stop solution for event planning and coordination. It is our job to thoroughly coordinate and schedule the event so that you can concentrate on promotion and working for your show!

  • OUR ADDRESS

    Address

     Istana Pasteur Regency Block CRA 50 Bandung, West Java, Indonesia

    Phone

      +622 8606 5357

      +622 8606 5439

    Email

      info@nadapromotama.com

  • SUBSCRIBE

    Get instant updates about our new products and special promos!