Back
Photo By: willowplaceforwomen.com

Khasiat Penyembuhan Musik: dari Sakit Kepala dan Depresi

November 08, 2017

Kamu punya hobi mendengarkan musik? Ternyata, ada berbagai manfaat yang bisa kamu peroleh dari hobi ini. Bukan hanya relaksasi, kamu juga bisa mendapat berbagai manfaat kesehatan. Paduan irama dan nada yang indah dapat membantu menurunkan tekanan darah, meningkatkan aktivitas sel otak, melatih daya ingat, dan menghilangkan sakit kepala.

Musik sebagai Terapi Psikologis

Ada alasan mengapa terapi musik kini dijadikan bagian dari proses perawatan atau terapi, terutama terapi psikologis. Menurut hasil penelitian bertajuk Surprising Effects of Music, yang dimuat di Journal of Advanced Nursing Inggris, musik dapat mengurangi tingkat depresi hingga 25 persen. Hal ini karena musik merangsang produksi hormon endorphin, yang kerap dikaitkan dengan rasa senang dan santai.

Musik lembut juga bermanfaat mengurangi dampak stres, karena iramanya dapat menurunkan tekanan darah. Efek santai ini membuat musik sangat populer sebagai pengiring meditasi, pengantar tidur, hingga penghibur pasien di rumah sakit atau ruang bedah. Jadi, jika kamu sering sakit kepala, pusing, atau merasa stres, segera putar musik lembut kesayangan.

Info musik populer lainnya adalah kemampuannya merangsang konsentrasi serta daya ingat saat belajar. Hal ini karena musik tertentu merangsang otak kanan, sementara materi yang dipelajari merangsang otak kiri.

Musik sebagai Terapi Kesehatan

Musik ternyata tidak hanya bermanfaat untuk mental, tetapi juga fisikmu. Karena bisa mengurangi ketegangan serta rasa sakit, musik sangat bermanfaat bagi penderita sakit kepala. Memutar musik pelan yang lembut dapat membantu mengurangi rasa nyeri, baik karena efek relaksasi pada pembuluh darah, maupun produksi hormon endorphin. Sakit kepala pun bisa berkurang hingga 20 persen.

Musik juga bisa membantumu untuk menjaga kesehatan, agar tidak mudah terserang penyakit akibat lemahnya daya tahan tubuh. Selain endorphin, alunan musik tertentu juga bisa merangsang produksi hormon yang menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, musik juga bisa menurunkan produksi kortisol, yaitu hormon yang hanya diproduksi saat kamu mengalami stres.

Dengan berbagai manfaat ini, tidak heran jika musik menjadi sesuatu yang populer di seluruh dunia, termasuk di kalangan pemilik profesi kedokteran dan terapi kesehatan. Setelah melihat semua fakta ini, jangan ragu untuk mengisi hidupmu dengan berbagai musik favorit.

 

Share this:
Sticky
Nov 08, 2017
Tags in

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

  • ABOUT US

    nada promotama

    Nada Promotama is a Promoter and Event Organizer company established in 2009, your one stop solution for event planning and coordination. It is our job to thoroughly coordinate and schedule the event so that you can concentrate on promotion and working for your show!

  • OUR ADDRESS

    Address

     Istana Pasteur Regency Block CRA 50 Bandung, West Java, Indonesia

    Phone

      +622 8606 5357

      +622 8606 5439

    Email

      info@nadapromotama.com

  • SUBSCRIBE

    Get instant updates about our new products and special promos!