Back
Photo by: www.planwallpaper.com

Happy Birthday, Lagu Dunia yang Pernah Jadi Sengketa

August 30, 2017

Puluhan tahun lalu, Warner Music—sebuah perusahaan label rekaman—mengklaim hak cipta ‘Happy Birthday’. Namun, baru-baru ini, seorang hakim pengadilan di Los Angeles justru menyatakan sebaliknya.

George H. King lantas memutuskan, Warner/Chappel tidak lagi memiliki hak cipta lirik tersebut. Pada September 2015 lalu, ia menambahkan—perusahaan tersebut hanyalah memiliki hak cipta beberapa aransemennya. Adapun ini menjadikan pihak Warner/Chappel bukanlah pemilik sah lagu “populer” dunia tersebut.

Tentu saja, George tidak sembarang bicara. Pasalnya, merunut dari melodinya, “Happy Birthday” memang sama dengan lagu “Good Morning to All”, karangan dua bersaudara asal Kentucky, Mildred dan Patty Hill. Mildred Hill sendiri dikenal sebagai seorang guru taman kanak-kanak (TK) di Louisville, Kentucky. Pada masa itu, mereka memang sengaja membuat dan menggabungkan nada sederhana, untuk “mendobrak” semangat murid kelas setiap pagi.

Adapun lagu tersebut kerap digunakan sebagai ucapan selamat datang; bahkan diterbitkan dalam buku lagu anak-anak di akhir tahun 1983. Sayangnya, sejak saat itu sejumlah variasi lagu lantas bermunculan, termasuk mengalami perubahan dari “Good Morning” menjadi “Happy Birthday”.

Tidak Perlu Membayar Royalti

Sebelumnya, dengan klaim hak cipta tersebut, perusahaan musik Warner/Chappell telah mengambil banyak keuntungan dari penggunaan lagu “Happy Birthday”. Tidak tanggung-tanggung, jumlahnya bahkan mencapai jutaan dolar AS atau setidaknya, mendapat royalti dua juta dolar/tahun, setiap kali lagu tersebut digunakan dalam film, televisi, iklan, maupun jenis pertunjukan publik lain.

Nah, dengan selesainya proses pengadilan, George dan staf hakim lainnya menyatakan, kini lagu tersebut bisa digunakan oleh siapa saja, tanpa perlu membayar royalti. Dengan kata lain, lagu ringkas “Happy Birthday” yang dahulu diklaim Warner/Chappel, sekarang adalah milik semua orang.

Adapun tidak hanya itu saja. Selain mencabut klaim, Warner/Chappel Music Inc, juga diperintahkan untuk mengembalikan jutaan dolar AS, yang diperolehnya dari pungutan hak cipta ilegal. Bagaimanapun, perusahaan itu dituduh menarik pungutan dari reproduksi berikut setiap penampilan lagu ini di publik.

Lantas, bagaimana sebenarnya lagu Good Morning karangan Hill bersaudara? Berikut adalah liriknya.

“Good morning to you,

Good morning to you.

Good morning, dear children,

Good morning to all.”

 

Share this:
Sticky
Aug 30, 2017
Tags in

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

  • ABOUT US

    nada promotama

    Nada Promotama is a Promoter and Event Organizer company established in 2009, your one stop solution for event planning and coordination. It is our job to thoroughly coordinate and schedule the event so that you can concentrate on promotion and working for your show!

  • OUR ADDRESS

    Address

     Istana Pasteur Regency Block CRA 50 Bandung, West Java, Indonesia

    Phone

      +622 8606 5357

      +622 8606 5439

    Email

      info@nadapromotama.com

  • SUBSCRIBE

    Get instant updates about our new products and special promos!