Back
Photo By: www.indiedb.com

Bukan Hanya untuk Manusia, Hewan Juga Butuh Musik!

December 20, 2017

Apa jadinya hidup tanpa musik? Tentu membosankan, ya. Musik bisa kita temukan hampir di setiap waktu di keseharian manusia. Dengan berbagai fungsi dari mulai hiburan hingga terapi, musik tidak bisa dipisahkan begitu saja dari kehidupan. Di dunia musik Indonesia sendiri, terdapat banyak genre musik untuk berbagai usia.

Namun ternyata, bukan hanya manusia saja yang membutuhkan kehadiran musik, tetapi juga para hewan. Beberapa hewan yang ditemui memiliki selera musik adalah anjing dan kucing. Selama ini, dikenal juga fakta musik bahwa hewan seperti sapi bisa menghasilkan susu dan daging yang lebih baik ketika mendengarkan musik. Pada monyet, musik bisa membantu mereka lebih tenang dan makan lebih banyak.

Tapi, Jangan Paksakan Selera Musik kepada Hewan Peliharaanmu

Banyak orang berpikir, hewan peliharaan akan mengikuti selera musik manusianya. Namun, hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Hewan peliharaan seperti anjing dan kucing memiliki penerimaan frekuensi suara yang berbeda dengan manusia. Oleh karena itu, tidak semua nada musik manusia bisa ditangkap dengan baik oleh hewan.

Musik klasik adalah salah satu suara yang paling mudah diterima oleh hewan. Penelitian membuktikan, hewan di penampungan akan lebih tenang ketika diberikan musik klasik. Selain itu, musik klasik juga bisa membantu hewan peliharaan untuk tetap tenang pada saat mereka mengalami hal baru seperti pindah lingkungan, perjalanan ke dokter, atau cuaca buruk.

Semuanya Tentang Frekuensi Suara

Lebih jauh lagi, para ilmuan sudah mulai menemukan musik yang cocok untuk diperdengarkan kepada hewan peliharaan tertentu seperti kucing. Ketukan ritme dan alunan nada musik disesuaikan dengan detak jantung hewan. Maka dari itu, musik yang berbeda akan menimbulkan efek fisiologis yang berbeda pada tiap hewan.

Jadi, cocok atau tidaknya musik harus bergantung pada ukuran hewan dan anatomi tubuhnya. Kalau kamu pencinta hewan peliharaan, nampaknya sudah saatnya kamu memperkenalkan musik yang dibuat khusus untuk mereka. Cari info musik secara online atau konsultasikan dengan veterinarian. Kamu bisa menerapkan musik yang cocok untuk membuat mereka tenang pada waktu jadwal mandi, vaksinasi, atau grooming.

Dengan begitu, kamu dan hewan peliharaan bisa hidup berdampingan dengan lebih damai dan saling mengerti.

 

Share this:
Sticky
Dec 20, 2017
Tags in

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

  • ABOUT US

    nada promotama

    Nada Promotama is a Promoter and Event Organizer company established in 2009, your one stop solution for event planning and coordination. It is our job to thoroughly coordinate and schedule the event so that you can concentrate on promotion and working for your show!

  • OUR ADDRESS

    Address

     Istana Pasteur Regency Block CRA 50 Bandung, West Java, Indonesia

    Phone

      +622 8606 5357

      +622 8606 5439

    Email

      info@nadapromotama.com

  • SUBSCRIBE

    Get instant updates about our new products and special promos!