Back

BIP: Kesuksesan yang Berawal dari Slank dan Sablenk

May 23, 2017

Dibentuk pada tahun 2000, BIP merupakan grup band beranggotakan 3 musisi yang dulunya adalah personel Grup Band Slank. Ketiga personel tersebut adalah Parlin Burman, Bongky, dan Indra, yang menjadi kepanjangan dari nama BIP itu sendiri. Lalu, seperti apa perjalanan Grup Band BIP ini? Simak biografi lengkapnya berikut ini.

Berawal dari Reuni Potlot yang diselenggarakan di Bandung, tepatnya di GOR Saparua, Bongky, Indra, dan Pay sepakat untuk membentuk Grup Band BIP setelah sebelumnya membentuk band bernama Sablenk atau Saya Bekas Anak Slank. Dengan dibantu Irang Perdana Arkad sebagai vokalis dan Jaka Hidayat sebagai drummer, Sablenk berhasil mengeluarkan album bertajuk “Turun dari Langit” pada tahun 2001. Lagu andalan mereka yaitu “Skak Mat”, “1000 Puisi”, dan “Aku Gemuk Lagi”. Menyusul kemudian album “Min Plus” di tahun 2002 yang bekerja sama dengan studio EMI Indonesia.

Seiring dengan peluncuran album ketiga mereka yang bertajuk “The Best of BIP: Ternyata Harus Memilih” pada tahun 2003, BIP mengumumkan bahwa vokalis mereka, Irang, memilih untuk mengakhiri kariernya bersama BIP. Dari 14 lagu yang ada, sebagai kenangan perpisahan, Irang tetap menyanyikan lagu “Ternyata Harus Memilih” dan “Bosen” yang ada di dalam album tersebut. 

Digantikan oleh Irfan Fahri Lazuardy atau yang akrab disapa Ipang, mantan vokali Grup Band Plastik, BIP kembali meluncurkan album keempat pada tahun 2004, yaitu “Udara Segar”, yang berada di bawah naungan Forte Record. Setelah sempat vakum selama kurang lebih enam tahun lamanya, BIP kembali dengan album baru mereka, “Berangkat”, yang ada di bawah label Fame Music pada tahun 2010.

Selama vakum, BIP mengalami banyak pergantian personel. Setelah Irang sebagai vokalis hengkang dari BIP, drummer mereka, Jaka, pun turut mengundurkan diri. Kemudian, posisinya digantikan oleh Okky, yang tak lama juga memilih mundur. Lalu ada Rico yang juga tidak bertahan lama. Kini Dede Kumala menjadi pengganti Rico di posisi drummer sejak tahun 2011.

Meskipun telah mengalami pasang surut dan banyaknya pergantian personel di dalamnya, BIP masih tetap eksis dan melekat di hati para penggemar hingga kini. Dengan lagu-lagunya yang bergenre paduan pop dan rock ini masih saja menjadi lagu penggugah semangat, terutama bagi anak muda.***

Share this:
Sticky
May 23, 2017
Tags in

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

  • ABOUT US

    nada promotama

    Nada Promotama is a Promoter and Event Organizer company established in 2009, your one stop solution for event planning and coordination. It is our job to thoroughly coordinate and schedule the event so that you can concentrate on promotion and working for your show!

  • OUR ADDRESS

    Address

     Istana Pasteur Regency Block CRA 50 Bandung, West Java, Indonesia

    Phone

      +622 8606 5357

      +622 8606 5439

    Email

      info@nadapromotama.com

  • SUBSCRIBE

    Get instant updates about our new products and special promos!